Kecerdasan Apa Yang Kita Miliki
Sumber : www.sekolahindonesia.com


Kecerdasan pada manusia ternyata tidak hanya dalam bentuk intelektual semata. Setidaknya ada 9 kecerdasan yang dapat dimiliki oleh seseorang selama mau mengasah dan melatihnya. Jadi, kecerdasan apa yang sudah kita miliki sekarang?

Kecerdasan Logika-Matematika
Kecerdasan dalam penggunaan angka/bilangan, hubungan sebab akibat, problem solving. Seseorang yang memiliki atau mengasah kecerdasan ini dapat mengikuti pembelajaran dalam kelas klasikal.

Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan dalam hal penggunaan bahasa (bicara, mendengar, membaca, menulis). Mereka yang memiliki atau mengasah kecerdasan ini dapat mengikuti dengan baik pembelajaran klasikal dan metodologi tradisional.

Kecerdasan Spasial-Visual/Ruang
Kecerdasan yang meliputi kemampuan untuk pengamatan secara visual, mengimajinasikan apa yang sedang dibicarakan untuk membangun pengertian tetap atau baru. Mereka yang memilki kecerdasan ini senang dengan model pembelajaran yang menggunakan grafik, peta, tabel, puzzle atau apa saja yang dapat dilihat.

Kecerdasan Musik
Kecedasan yang meliputi penguasaan pola-pola, ritme, instrumen, ekspresi musik dan mudah mengingat pelajaran yang diiringi musik.

Kecerdasan Kinestetik
Kecerdasan yang dimiliki bila diikuti dengan atau melalui aktivitas. Mereka yang memiliki kecerdasan ini senang dengan pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik seperti game, olahraga, praktek.

Kecerdasan Natural
Kecerdasan untuk dapat bekerjasama dan menyelaraskan diri dengan alam atau lingkungan. Mereka yang memiliki kecerdasan ini senang pembelajaran di luar ruangan, karyawisata, ramah dan perhatian terhadap kondisi alam.

Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan dalam berdialog dengan perasaan, nilai-nilai dan gagasan sendiri. Mereka yang memiliki kecerdasaan ini cenderung pendiam, namun pemikir yang dalam tentang hal-hal yang mereka pelajari, senang belajar dengan menyendiri, suka merenung.

Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan dalam bersosialisasi sehingga seseorang yang cerdas interpersonalnya akan mudah bergaul, dan senang belajar kelompok. Profesi yang sesuai : politisi, guru, pemimpin relijius, penasehat, penjual, manajer, public reletion.

Kecerdasan Eksistensial
Kecerdasan dalam memahami makna hidup sehingga umumnya seseorang yang cerdas secara spiritual akan memiliki kelebihan yang terlihat dari integritas, karakter dan nilai hidup yang dimilikinya.

 

Home | Kembali ke atas | Buka File/Print